Isu penting dalam dunia pendidikan modern sekarang ini, termasuk Universitas Klabat adalah pemanfaatan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar. Permasalahan utama dari kegiatan belajar-mengajar secara konvensional adalah keterbatasan waktu dan tempat atau ruang untuk kegiatan tersebut.
Ruang Kelas Virtual merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dari teknologi modern dalam kegiatan belajar mengajar. Pada penelitian ini, penulis mengembangkan Prototipe Ruang Kelas Virtual untuk mengatasi permasalahan pokok yang dijelaskan sebelumnya. Dalam pengembangan Kelas Virtual ini, penulis menggunakan tools analisis dan perancangan sistem object-oriented atau UML dengan bahasa pemrogramman Java. Metode pengembangan yang digunakan adalah Evolutionary Prototyping.
Penelitian ini menghasilkan Prototipe Ruang Kelas Virtual yang merupakan aplikasi web yang dapat digunakan di mana saja melalui internet. Prototipe Ruang Kelas Virtual ini memungkinkan proses belajar-mengajar dapat dilakukan dalam waktu yang sama dengan anggota kelas dari mana saja. Prototipe ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pada lingkungan akademis di Universitas Klabat.
Kata kunci: Ruang Kelas Konvensional, Ruang Kelas Virtual, Evolutionary Prototyping.
ABSTRACT
The important issue in this modern educations realm, including Universitas Klabat is the exploiting technology in classroom activities. The main problem in conventional classroom is the limitation of time and place or space for such activities.
Virtual Classroom is one of the implementation of the modern technology in classroom activities. In this research, the author develops a Prototype of Virtual Classroom to overcome the major barriers which are explained above. Within the development of the Virtual Classroom, the author used an object-oriented analysis and design tool that is UML with Java programming language. The prototype development method used was Evolutionary Prototyping.
The output of this research is Prototype of Virtual Classroom, the web application which can be used everywhere by using internet. This Prototype of Virtual Classroom enables classroom activities to be held concurrently wherever the class members are. This Prototype is developed as the fulfillment of the needs of the academic environment of Universitas Klabat.
Key word: Conventional Classroom, Virtual Classroom, Evolutionary Prototyping.
_______________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, sebagai Allah dari ilmu pengetahuan, yang telah menyanggupkan saya menyelesaikan pembuatan skripsi dengan judul “Pengembangan Prototype Perangkat Lunak Untuk Ruang Kelas Virtual Di Universitas Klabat.” Skripsi ini merupakan karya ilmiah yang disusun penulis untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam jenjang pendidikan Strata-1 (S1) pada Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Klabat.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih belum sempurna, oleh sebab itu penulis memohon maaf serta mengharapkan saran-saran dan kritik yang membangun dari pembaca maupun dari pihak-pihak yang terkait terhadap penulis sehingga dapat menyempurnakan skripsi ini dan juga dapat membekali penulis untuk melakukan penulisan dan penelitian lainnya.
Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan, petunjuk, saran, nasehat, bimbingan, dukungan, doa dan semangat serta kesempatan bagi penulis, sehingga memungkinkan penulis memperoleh hasil semaksimal mungkin. Untuk secara khusus, penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada :
Bpk. Dr. A. B. Sepang, selaku Rektor Universitas Klabat
Bpk. Dr. B. Lule, Selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer, yang dengan sabar selalu memberikan arahan pada kami dalam penyelesaian skripsi ini.
Bpk. Dr. R. Walean, sebagai ketua panelis sidang skripsi yang telah memberikan penilaian serta arahan-arahan yang sangat baik untuk menyempurnakan skripsi ini.
Bpk. Edson Y. Putra, M.Kom, sebagai anggota panelis sidang yang telah banyak memberikan saran-saran dalam perbaikan skripsi ini.
Bpk. Steven Lolong, S.Kom, sebagai anggota panelis sidang yang juga selaku Ketua Jurusan Ilmu Komputer, yang telah banyak membantu penulis dengan ide-ide yang membuka wawasan penulis dalam pembuatan serta merampungkan skripsi ini.
Bpk. Andrew T. Liem, M.T, sebagai dosen pembimbing penulis dalam menyusun skripsi ini. Terima kasih atas waktu, tenaga, kesabaran, dan pengertian serta nasihat-nasihat dan saran-saran yang sangat berharga untuk penulis, terlebih untuk keberhasilan dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai.
Para dosen dan teman-teman penulis yang telah menjadi responden dan telah memberikan banyak informasi-informasi yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan skripsi ini.
Kedua Orang Tua penulis, yang dengan pengorbanan yang sangat besar atas jasa dan usaha mereka yang memungkinkan penulis berkuliah selama ini hingga pada tahap akhir ini, juga tas doa mereka, serta dukungan baik itu moril serta materil.
Jerry, Meity, Wandy, Jimmy, Renny, dan semua keluarga atas dukungan doa serta semua bantuan yang diberikan.
Om Marthen dan dr. Selvie, yang telah sangat berbaik hati membantu penulis dengan rela memberikan tempat tinggal serta banyak bantuan materil dan moril yang sangat berarti bagi penyelesaian pendidikan penulis di UNKLAB.
Semua teman-teman penulis yang telah memberikan dukungan yang sangat membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan skripsi ini.
Dan tidak lupa penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang penulis tidak sempat tuliskan di atas, yang juga telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Kiranya Tuhan selalu memberkati kalian semua.
Penulis
Unklab, Mei 2007
2 komentar:
bagus mas... jadi tertarik...boleh sharing ga mas...
Maaf yah baru mulai buka blog lagi nih.
Kuliah dimana ya?
Post a Comment